UMKM yang berpotensi berperan besar menyumbang dalam pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan di Semarang adalah sektor usaha dan industri batik. Permasalahan yang terjadi pada UMKM menghambat perkembangan dan dibutuhkan strategi pengembangan untuk membangun citra merek dan gaya hidup dengan dibantu fotografi komersial. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada UMKM yang ada di kampung Batik Semarang dalam membangun citra merek dan gaya hidup melalui fotografi komersial. Dalam tahapan eksplorasi dilakukan pengamatan dan pencarian data, sedangkan tahap improvisasi adalah menyusun ulang data, membentuk sketsa, dan melakukan percobaan-percobaan seperti tata cahaya, pemilihan warna, dan objek, kemudian pada tahap pembentukan karya dilakukan perwujudan sketsa ke dalam bentuk foto. Bentuk dasar penciptaan karya berupa varian produk yang dijual atau diproduksi oleh UMKM pada Kampung Batik Semarang, yang kemudian diaplikasikan ke dalam platform media sosial, yaitu Instagram. Dengan demikian, hasil karya penciptaan fotografi komersial ini bisa menarik lebih banyak perhatian konsumen terutama anak muda untuk membeli dan melestarikan budaya batik yang ada di Semarang.
Copyrights © 2023