Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media benda alam pada anak Kelompok A PAUD Al-Ikhlas Amal Baru Dasan Sadar Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 23 anak Kelompok A PAUD Al-Ikhlas Amal Baru Dasan Sadar, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dengan mempergunakan media benda alam yang dianggap menarik dan bentuknya bervariasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kemampuan berhitung dan menulis angka di udara, tes lisan kemampuan mengenal angka dan tes tertulis kemampuan menebalkan angka dan menulis angka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan PTK dari keseluruhan jumlah nilai anak memperoleh nilai rata-rata ≥7,0 (skala 0-10) sehingga dapat dikatakan baik. Hasil penelitian menujukkan pada Pratindakan kemampuan anak mengenal angka adalah 6,84 termasuk dalam kriteria cukup. Pada Siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 7,59 termasuk dalam kriteria baik. Pada Siklus II rerata nilai anak meningkat menjadi 8,08 termasuk dalam kriteria Amat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain sambil belajar dengan menggunakan media benda-benda alam lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka sebagai lambang banyaknya benda pada anak PAUD. Kegiatannya dapat berupa berhitung dengan benda alam, mengenal angka yang guru tunjukkan, menirukan gerakan menulis angka di udara, menebalkan angka yang disediakan, menulis angka, dan memasangkan angka dengan benda alam.
Copyrights © 2022