cover
Contact Name
Khairul Azmi
Contact Email
khairulazmimpd@gmail.com
Phone
+6287865896898
Journal Mail Official
jurnal.almahsuni@gmail.com
Editorial Address
Jln. Lintas Laskar 45 Danger Kecamatan Masbaik Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Kode Pos 83661
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 28286200     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Al-Mahsuni merupakan jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Mahusni Lombok Timur yang memuat tentang studi islam dan ilmu pendidikan. Jurnal Al Mahsuni betujuan untuk mempublikasikan tulisan ilmiah dari berbagai sumber mulai dari mahasiswa, dosen dan kalangan umum sebagai bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Penelitian. Selain itu, hasil kajian yang diterbitkan oleh Jurnal Al Mahsuni diharapkan sebagai sumber informasi terkait bidang ilmu pendidikan dan studi islam serta menjadi sumber refrensi bagi masyarakat pada umumnya terkait perkembangan dan kemajuan ilmu pendidikan. urnal Al Mahsuni merupakan jurnal studi kajian islam dan ilmu pendidikan. jurnal ini diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama (STITNU) Al Mahsuni Lombok Timur. jurnal Al Mahsuni menerima sumbangan tulisan dari berbagai sumber mulai dari mahasiswa, dosen dan kalangan umum yang ingin mempublikasikan tulisannya dalam jurnal Al Mahsuni. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 24 Documents
EFEK PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK USIA DINI Khairul Azmi; Sunandar Azma'ul Hadi; Jakrah
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek permainan tradisional dalam mengoptimalkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Penelitian ini dilakukan pada siswa laki-laki PAUD KB Nurul Yaqin kedondong daya dengan jumlah siswa 18 anak.Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatifdengan menggunakan jenispenelitianeksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat data yaitu uji normalitas dengan hasil sig 2-tailed > 0,05 dan uji homogenitas di analisismenggunakanleven test denganhasil data homogen.Setelah itu barulah dilakukan uji hipotesis dengan analisis statistik menggunakan uji-t (paired t-test) dalam SPSS untuk melihat perbedaan sebelum dan setelah perlakuan dengan hasil menunjukkan bahwa P< 0,05.
PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERNYANYI Surya Bayu Ansori; Mukhtar; Nani Sugiarti
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penggunaan metode bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata anak. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu kelompok A PAUD Kasih Ibu Desa Masbagik Utara. Berjumlah 20 orang anak dengan rincian 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan penguasaan kosakata pada anak usia dini di Kelompok A PAUD Kasih Ibu Masbagik Utara sebelum diberi tindakan penguasaan kosakata, anak yang hanya mencapai 38.75% namun setelah diberi praktek Penelitian Tindakan Kelas dengan metode bernyanyi, pada siklus I mencapai 52.50%. Karena belum mencapai Indikator keberhasilan maka dilakukan penelitian ulang sehingga pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 81.25% dimana tingkat pencapaian tersebut sudah memenuhi target indicator keberhasilan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan metode bernyanyi pembelajaran akan lebih menyenangkan, inovatif dan kreatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bernyanyi dapat berhasi lmeningkatkan penguasaan kosakata anak usia dini.
PENERAPAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI Ahyar Rasyidi; Baiq Siti Kamila; Debi Amalia Putri
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Video Interaktif “Diva the Series” Dalam Meningkatkan kecerdasan emosional AUD RA Al-Manshuriah Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun 2017, dan seberapa besar persentase peningkatan dari hasil belajar menggunakan media video terhadap kecerdasan emosional AUD. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 23 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu, sedangkan metode analisis data menggunakan rumus t-test. Dari analisis data menggunakan rumus t-test didapat hasil t-hitung adalah 12,828, sedangkan t-tabel dengan taraf signifikan 5%, N=23 adalah 2,074, dengan persentase peningkatan hasil latihan sebesar 14,619%. Kenyataan ini menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari pada t-tabel sehingga dapat dikemukakan hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Maka kesimpulan analisa dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh penggunaan media video interaktif terhadap kecerdasan emosional anak kelompok B RA Al-Manshuriah Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun 2017” Kata kunci: Video Interaktif “Diva the Series”, Kecerdasan Emosional.
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS. ZAINUL HASAN ade jauhari
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan, (2) Partisipasi pengambilan keputusan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan, (3) Evaluasi pelaksanaan keputusan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan adalah jenis kualitatif, adapun pendekatan yang digunakan adalah Deskriptif, dengan pengumpulan data penelitian diperoleh dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah menganalisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan kemudian menyimpulkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan yaitu: (1) Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah MTs. Zainul Hasan NW Semertak Sari yaitu dengan cara: menganalisis masalah, mengembangkan alternatif solusi, memutusan alternatif, pengimplementasian serta evaluasi, (2) Partisipasi yang dilakukan oleh kepala sekolah Di MTs. ZAINUL Hasan NW Semertak Sari ialah dengan mengikutsertakan: yayasan, para dewan guru beserta staff tata usaha dalam pengambilan keputusan (3) Evaluasi pelaksanaan keputusan yang dilakukan oleh kepala sekolah Di MTs. ZAINUL Hasan NW Semertak Sari dilaksanakan oleh seluruh komponen yang ada dalam lembaga tersebut dan yang bertanggung jawab dalam pengevaluasian keputusan yaitu semua pihak yang terkait dalam melaksanakan keputusan tersebut
PENGGUNAAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI wawan Kurnia U; Hamdan; Pitriani
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak Kelompok B Di RA.AL-Ansor Masbagik Selatan Kecamatan masbagik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam dua tahap proses pengembangan, Setiap pengembangan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, analisis data, dan hasil pengembangan, metode yang digunakan untuk mengumpul kan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Dari hasil analisis data dapat diperoleh bahwa tahap proses pengembangan siklus I, bahwa ada 2 orang anak yang mampu menyimak dengan sangat baik, dan mampu melaksanakan sebagian besar dari indikator dalam instrument penelitian. Dari hasil siklus I dengan hasil mencapai 66,14% dan dikatakan masih belum maksimal maka dilaksanakan proses pengembangan siklus II, dimana pada siklus ini hasil yang dicapai anak mencapai 84,37% dimana semua aspek pembelajaran anak meningkat, dan sebagian besar anak sudah mampu memenuhi semua indikator dalam instrument pengamatan anak. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bercerita menggunakan bonekatangan dapat meningkatkan perkembangan kemampuan menyimak anak pada kelompok B di RA AL-Ansor Masbagik Selatan tahun pelajaran 2017/2018.
PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs ZAINUL HASAN LENDANG NANGKA TA. 2020/2021 Irhas; As'Ad
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 1 (2022): Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan metode sensus. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII dan guru yang mengajar di kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi dengan instrument kuisioner untuk kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari kuisioner yang telah disebar didapatkan niliai thitung sebesar -0,676 < 1,708 (ttabel untuk df = 25) dengan nilai signifikansi 0,515 > 0,05 sehingga disimpulakn tidak ada pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Zainul Hasan Lendang Nangka tahun ajaran 2020/2021.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI MEDIA BENDA ALAM PADA ANAK USIA DINI: Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui benda alam Mariawati -; Ade Jauhari; Zilya Raufida
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): Al-Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui media benda alam pada anak Kelompok A PAUD Al-Ikhlas Amal Baru Dasan Sadar Desa Pringgasela Kecamatan Pringgasela. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah 23 anak Kelompok A PAUD Al-Ikhlas Amal Baru Dasan Sadar, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dengan mempergunakan media benda alam yang dianggap menarik dan bentuknya bervariasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi kemampuan berhitung dan menulis angka di udara, tes lisan kemampuan mengenal angka dan tes tertulis kemampuan menebalkan angka dan menulis angka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun indikator keberhasilan PTK dari keseluruhan jumlah nilai anak memperoleh nilai rata-rata ≥7,0 (skala 0-10) sehingga dapat dikatakan baik. Hasil penelitian menujukkan pada Pratindakan kemampuan anak mengenal angka adalah 6,84 termasuk dalam kriteria cukup. Pada Siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 7,59 termasuk dalam kriteria baik. Pada Siklus II rerata nilai anak meningkat menjadi 8,08 termasuk dalam kriteria Amat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bermain sambil belajar dengan menggunakan media benda-benda alam lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka sebagai lambang banyaknya benda pada anak PAUD. Kegiatannya dapat berupa berhitung dengan benda alam, mengenal angka yang guru tunjukkan, menirukan gerakan menulis angka di udara, menebalkan angka yang disediakan, menulis angka, dan memasangkan angka dengan benda alam.
Suratman PERBANDINGAN POLA ASUH ANAK USIA DINI ANTARA AL-GAZALI DENGAN NASIH ULWAN Suratman Hamid Suratman
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): Al-Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak Usia Dini berada pada umur keemasan( golden age periode) kehidupan manusia. Pada tahap emas ini, para pendidik perlu memperhatikan pola asuh yang tepat dan terbaik untuk tumbuh kembang anak. Al-Gazali dan Nasih Ulwan juga mengemukakan tentang hal tersebut bahwa manusia ini lahir masih dalam keadaan suci dan perlu dididik untuk mencapai tujuan kehidupan yaitu dekat dengan Sang Pencipta serta memiliki kecerdasan intelektual. Kajian ini mengarah pada penelitian tentang “Perbandingan Pola Asuh Anak Usia Dini Antara Al-Gazali dengan Nasih Ulwan”, yang bertujuan untuk mengetahui konsep, pola asuh, dan nilai-nilai karakter anak usia dini menurut Al-Ghazali dan Nasih Ulwan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode dalam mengumpulkan data melalui penelitian kepustakaan (library research). Didapatkan hasil (natijah) bahwa konsep, pola asuh, dan nilai-nilai karakter menurut Al-Gazali dan Nasih Ulwan sudah sesuai dan relevan dengan Al-Quran dan Al-Hadits. Sedangkan Implikasi teoretis yang terdapat dari temuan hasil penelitian ini adalah antara Al-Gazali dan Nasih Ulwan memiliki persamaan dan perbedaan. Letak persamaannya adalah sama-sama mengacu kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits, sedangkan letak perbedaannya adalah pada pola pengasuhannya.
The Effect Of Game Science On The Cognitive Development Of Children In Group B PAUD Al-Fatih Sunandar Azma'ul Hadi
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): Al-Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine whether or not the influence of Game Science on the cognitive development of children in group B PAUD Al-Fatih, Aikdewa Village, Pringgasela District. This type of research is a quantitative research with an experimental approach with One-Group Pretest-Posttest Design, this research takes place in PAUD Al-Fatih, Aikdewa Village, Pringgasela District, 2020/2021 Academic Year. The sample of this study was conducted on 19 children in group B. Methods of data collection using the method of test and observation. The results showed that there was an increase in the cognitive development of early childhood after being given treatment using Game Science by 8.86%. This is also evidenced by the value of Sig. (2-tailed) < 0.05, i.e. 0.000 < 0.05. The research data found that the minimum value was 13 and the maximum value was 19 with the dependent variable normality test, namely cognitive development in the initial test Sig 0.587> 0.05 was declared normal and in the final test Sig 0.771> 0.05 was declared Normal, while the test results homogeneity is known that the significant value is 0.307> 0.05, meaning that the data for the Game Science variable with children's cognitive development has the same variance.
MODEL PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI STITNU AL-MAHSUNI : MODEL PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI STITNU AL-MAHSUNI Irhas
Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan Vol 10 No 2 (2022): Al-Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Publisher : STITNU AL MAHSUNI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi dan model Pendidikan Islam Multikultural di STITNU Al-Mahsuni. Metode penelitian yang digunakan untuk memproleh data dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan pustaka (library research) dengan pendekatan kajian isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pendidikan Islam Multikultural yang sudah diterapkan di STITNU Al-Mahsuni adalah menempatkan dosen dengan latar belakang organisasi yang berbeda dalam satu ruangan, menyiapkan ruang kuliah untuk mahasiswa dengan beragam latar belakang, memanfaatkan media WhatsApp, email, instagram, dan facebook untuk berbagi informasi baik menyangkut akademik, kemahasiswaan, keuangan, ketenagaan, dan kelembagaan, menerapkan metode diskusi dan simulasi untuk mendorong dan membangun keberanian berpendapat, rasa percaya diri, dan tenggang rasa di antara mahasiswa, serta menggalakkan kegiatan majelis dakwah kampus (MDK); dan pelaksanaan KKN dan PPL terintegrasi dalam konsep PRAJAPATI.

Page 1 of 3 | Total Record : 24