Jurnal Al Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan
Vol 10 No 2 (2022): Al-Mahsuni: Jurnal Studi Islam dan Ilmu Pendidikan

MODEL PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI STITNU AL-MAHSUNI : MODEL PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI STITNU AL-MAHSUNI

Irhas (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatl Ulama Al Mahsuni)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi dan model Pendidikan Islam Multikultural di STITNU Al-Mahsuni. Metode penelitian yang digunakan untuk memproleh data dalam artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan pustaka (library research) dengan pendekatan kajian isi (Content Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pendidikan Islam Multikultural yang sudah diterapkan di STITNU Al-Mahsuni adalah menempatkan dosen dengan latar belakang organisasi yang berbeda dalam satu ruangan, menyiapkan ruang kuliah untuk mahasiswa dengan beragam latar belakang, memanfaatkan media WhatsApp, email, instagram, dan facebook untuk berbagi informasi baik menyangkut akademik, kemahasiswaan, keuangan, ketenagaan, dan kelembagaan, menerapkan metode diskusi dan simulasi untuk mendorong dan membangun keberanian berpendapat, rasa percaya diri, dan tenggang rasa di antara mahasiswa, serta menggalakkan kegiatan majelis dakwah kampus (MDK); dan pelaksanaan KKN dan PPL terintegrasi dalam konsep PRAJAPATI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

almahsuni

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Jurnal Al-Mahsuni merupakan jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Mahusni Lombok Timur yang memuat tentang studi islam dan ilmu pendidikan. Jurnal Al Mahsuni betujuan untuk mempublikasikan tulisan ilmiah dari berbagai sumber mulai dari mahasiswa, dosen dan ...