Masih banyak lembaga Taman Kanak Kanak (TK) yang belum menerapkan bermain yang bermakna dalam metode pembelajarannya. Dua masalah mendasar yang sering dirasa sulit dilakukan adalah bagaimana setting bermainnya dan apa yang dilakukan guru dalam mendukung kegiatan bermain tersebut, agar potensi anak teroptimalkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, membantu TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83 yang memiliki hasrat untuk menerapkan pembelajaran berbasis bermain namun mengalami kesulitan untuk memulainya, Mengawali hal ini, disepakati bersama dengan mitra untuk melakukan program pendampingan menerapkan scaffolding (pijakan) bermain melalui sentra main peran makro. Metode pendampingan dilakukan melalui serangkaian kegiatan berupa sosialisasi , pelatihan, workshop, FGD lalu penerapannya yang diikuti dengan kegiatan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukan TK Bustanul Athfal 83 telah memiliki sentra main peran , para guru telah mampu menerapkan scaffolding bermain , peserta didik mendapatkan pengalaman bermain yang bermakna, orang tua sepakat untuk melanjutkan kegiatan ini. Pengalaman pendampingan ini, telah menginspirasi TK ABA 83 ini untuk memprogram kegiatan bermain yang bermakna dalam metode pembelajaran di semester berikutnya, bahkan berniat memperluas bentuk setting main lainnya melalui berbagai sentra main.
Copyrights © 2023