Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Vol. 3 (2022): Peningkatan Kualitas Layanan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Melalui Revitalisa

Analisis Penerapan Analogi Dalam Pembelajaran Kimia

Sholeh, Muhammad Iqbal (Unknown)
Tindangen, Makrina (Unknown)
Nurhadi, Nurhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran Kimia salah satu mata pelajaran memiliki kesulitan tersendiri dalam pembelajarannya. Konsep-konsep dalam kimia bersifat abstrak dan siswa membutuhkan instruksi yang tepat dari pendidik untuk merepresentasikan sesuatu dari hal-hal yang tidak dapat dilihat. Peserta didik yang kesulitan belajar kimia sebab tidak paham dengan konsep yang diberikan serta mengalami miskonsepsi sehingga mempengaruhi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analogi-analogi yang dapat digunakan dalam mengajarkan konsep materi kimia SMA. Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan ragam jenis analogi sebagai alternatif pembelajaran yang dapat digunakan pendidik meliputi 3 indikator dari materi ikatan kimia, di antaranya adalah jenis ikatan kimia, konsep energi ikatan, dan konsep VSEPR, yang dikaitkan dengan fenomena yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnasppg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman Prosiding dengan e-ISSN 2829 - 3541 (media online) berisi kumpulan makalah hasil-hasil penelitian yang telah lolos seleksi oleh tim reviewer dalam Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru call for paper yang diselenggarakan secara rutin setiap ...