Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Vol. 3 (2022): Peningkatan Kualitas Layanan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Melalui Revitalisa

Peran Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa: Studi Kasus Siswa Kelas X SMAN 2 Samarinda

Wati, Bela Mulia (Unknown)
Tindangen, Makrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui peran terbesar yang memotivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMAN 2 Samarinda. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X SMAN 2 Malang. Data diperoleh dari hasil observasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari angket yang disebar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial terbesar pada motivasi belajar siswa adalah orang tua yang memperoleh persentase 77,87%, disusul dengan idola yang menunjukkan angka sebesar 71,42%, teman sebaya sebesar 66,95%, guru sebesar 62,00%, dan dukungan sosial lainnya sebesar 53,33%. Dukungan sosial dari orang tua, idola, teman sebaya dan guru menunjukkan kriteria yang baik dalam memotivasi belajar siswa, sedangkan dukungan sosial lainnya menunjukkan kriteria cukup dalam memotivasi belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnasppg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman Prosiding dengan e-ISSN 2829 - 3541 (media online) berisi kumpulan makalah hasil-hasil penelitian yang telah lolos seleksi oleh tim reviewer dalam Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru call for paper yang diselenggarakan secara rutin setiap ...