Global Education Trends
Vol. 2 No. 2 (2024): GLOBAL EDUCATION TRENDS

PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN MATERI ISLAMI MELALUI IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS V SEKOLAH DASAR

Sobri, Muhammad (Unknown)
Istiqomah Ika Rima Cahyaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah agar mengerti tingkat kriteria ketuntasan minimal siswa secara klasikal pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian ini adalah mix method. Populasi siswa yaitu kelas 5 di SD Muhammadiyah 02 Noyontaan Pekalongan. Subjek penelitian adalah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi untuk mendapatkan data kualitatif, sedangkan data kuantitatif untuk mngetahui peningkatan hasil belajar siswa dilakukan dengan cara observasi, dan tes akhir. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan topik deskriptif atau prosentase (%)Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai akhir siswa dalam memahami materi zakat infaq, dan shadaqah mengalami peningkatan. Sebelum diberikan perlakuan siswa yang mendapat nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) hanya 4 dari 21 siswa, namun setelah diadakan perbaikan pada tahap I terjadi penambahan/perubahan dari 4 siswa menjadi 9 siswa yang telah memenuhi standar KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 15 siswa yang telah melampaui standar KKM dengan prosentase 71% dari ketuntasal secara klasikal. Pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan kontekstual pada pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan bahwa siswa lebih aktif, kemampuan dalam memahami materi zakat, infaq, d an shadaqah juga lebih baik. Sehingga pembelajaran kontekstual (Contextutual Teaching and Learning) pada pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi zakat, infaq, dan shadaqah dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga dapat mencapai KriteriaKetuntasan Minimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

get

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Global Education Trends with E-ISSN: 3030-8623 is an international journal-recognized education area and is published twice a year (June and December). The aim of this journal is to publish studies of high-quality research results in the fields of teaching, learning, instruction, curriculum ...