Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Maret 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Jaringan Tumbuhan

Silviyana Silaban (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Masni Veronika Situmorang (Unknown)
Winarto Silaban (Unknown)
Mastiur Verawaty Silalahi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Jaringan Tumbuhan  Kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar sebanyak 288 siswa. Teknik pengambilan sampel purposive sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda, dengan jenis penelitian  Quasi Exsperimen dengan desain Pre-test and Post-test Control Group Design. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu pengaruh model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning dan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Hasil data siswa dibandingkan berdasarkan kriteria dan data hasil belajar dianalisis dengan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pematangsiantar pada mata pelajaran Biologi materi Struktur dan jaringan pada tumbuhan. Hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai karakteristik baik dan kelas kontrol hanya mencapai pada karakteristik cukup. Mean post-test kelompok eksperimen 70,29 dan mean post-test kelas kontrol 69,78. Hasil uji t (uji hipotesis) menunjukkan nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning, Hasil Belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan is a journal that contains articles on research results in the field of teacher training and education. Articles published in Tut Wuri Handayani have gone through a peer-review process, to maintain the best quality of articles in scientific ...