Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi pendidikan dalam pengembangan teknologi di Sekolah Dasar Amaliah Ciawi, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan pendidikan berbasis digital dengan fokus pada kepala sekolah sebagai subjek penelitian menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi terintegrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menyadari pentingnya pengembangan pendidikan berbasis digital meskipun menghadapi tantangan, khususnya dalam hal sumber daya manusia dan perangkat digital. Pelatihan, pendampingan, dan kolaborasi eksternal muncul sebagai solusi efektif. Penelitian ini juga menyoroti kebijakan sekolah dalam menjaga peran tak tergantikan dari guru melalui teknologi dengan tetap fokus pada aspek akademik dan karakter siswa, termasuk karakter Qur'ani. Dengan mempertimbangkan pendekatan teknologi yang seimbang, penelitian ini menyoroti dampak positif inovasi pendidikan berbasis teknologi, seperti peningkatan kualitas pembelajaran, keterlibatan siswa, dan akses yang setara dengan pendidikan. Penelitian ini mengukur langkah-langkah solutif, seperti pelatihan dan motivasi guru, untuk mengatasi hambatan-hambatan di sekolah.
Copyrights © 2023