DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 3 (2023): December 2023

Instrument Development to Measure Teacher Attitudes toward Inclusive Education in Learning Technology Dimension

Ediyanto Ediyanto (Universitas Negeri Malang)
Risa Safira Ramadhani (Universitas Negeri Malang)
Wiwik Dwi Hastuti (Universitas Negeri Malang)
Ranti Novianti (Universitas Negeri Malang)
Rizqi Fajar Pradipta (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian saat ini mengembangkan instrumen yang mengukur sikap seseorang terhadap teknologi pembelajaran dalam pendidikan inklusif. Hasilnya diharapkan menjadi cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang dapat diterima oleh semua siswa. Instrumen ini dikembangkan dengan empat langkah metode penelitian dan pengembangan: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, dan validasi & revisi. Instrumen yang ada saat ini berisi 21 item yang dikelompokkan menjadi tiga komponen. Penentuan syarat ketiga komponen tersebut akan dilakukan pada penelitian selanjutnya. Temuannya menunjukkan bahwa instrumen terbukti reliabel dan valid. Instrumen ini menunjukkan bahwa salah satu cara untuk menciptakan lingkungan belajar yang dapat diterima oleh semua siswa adalah dengan mendirikan kelas dengan desain universal sehingga semua siswa memiliki akses fisik terhadap semua materi dan aktivitas tanpa anak mengalami kesulitan. Teknologi berperan penting bagi pendidikan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) untuk menjawab tuntutan kepemimpinan dunia dalam mengatasi kesenjangan. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...