Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 3 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Implementasi Pendidikan Karakter Untuk Membentuk Kepribadian Holistik Peserta Didik Melalui Kearifan Lokal Noken Papua

Yery Layuk (Universitas Cendrawasih)
Ewendi Mangolo (Universitas Cendrawasih)
Indah Slamet Budiarti (Universitas Cendrawasih)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Pendidikan karakter peserta didik dapat melalui kearifan lokal. Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peserta didik melalui mata pelajaran PKN menggunakan kearifan lokal noken Papua. Metode yang digunakan yaitu kualitatif. Sampel penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas sekolah, guru kelas IV dan 2 orang peserta didik di SDN Sentra Pendidikan Kab. Mimika. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis dengan menggunakan langkah-langkah data reduction, data display, dan conclusion/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah sudah berupaya mengimplementasikan pendidikan karakter lewat pembiasaan-pembiasaan, melalui kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat peserta didik serta peran aktif guru dalam membimbing dan mendidik peserta. Diperoleh kesimpulkan bahwa ada perubahan karakter dalam kehidupan sehari-hari walaupun belum seluruhnya, dan keterlibatan dinas pendidikan dalam pengelolaan sekolah dan juga kepala sekolah yang sangat aktif menjadi faktor pendukung utama.   

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...