DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 3 (2023): December 2023

Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Konteks IPAS Pada Guru Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan

Kartini Kartini (Unknown)
Sucahyo Mas'an Al Wahid (Universitas Borneo Tarakan)
Ina Nurfadillah Ersa (Universitas Borneo Tarakan)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran yang melibatkan tutor sebaya sebagai bentuk penguasaan konten diferensiasi wilayah perbatasan dengan mengembangkan media konteks IPAS seperti interaksi jual-beli hasil laut dan pertanian melalui role play serta eksperimen pembuatan telor asin sebagai produk dalam hasil pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kulitattif deskriptif dengan fokus penelitian adalah penerapan pembelajaaran diferensiasi, Konten, proses dan produk. Data dikumpulkan melalui wawancara guru kelas awal, Kepala Sekolah dan angket kepada siswa. Observasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan non partisipasi yaitu peneliti mengamati proses kegiatan belajar mengajar di kelas awal serta dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan yang didapatkan melalui angket keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi perlu untuk diberikan intervensi seperti stimulasi media yang sudah ada dan pembuatan bersama khususnya media yang dibuat melalui google form soal berdiferensiasi dengan kesesuaian konteks IPAS. Sedangkan hasil angket siswa dapat menyimak pembelajaran dengan baik dan terampil dalam mengerjakan tugas, namun kenyataan dalam memberikan saran terhadap angket yang dibagikan terlihat siswa antusias memanfaatkan media bersama yang dikhwatirkan penerapan media sangat minim dan bersemangaat ketika pembelajaran menggunakan media interaktif. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...