Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 4 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Analysis of the Causes of Class XI High School Students Misconceptions on the Main Material of Chemical Equilibrium

Dwi Nur Ramadhani (Universitas Islam Negeri Walisongo)
Ella Izzatin Nada (Universitas Islam Negeri Walisongo)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Guru disekolah tidak pernah menganalisis faktor penyebab miskonsepsi siswa, karena guru tidak tahu seberapa besar siswa yang mengalami miskonsepsi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyebab miskonsepsi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Instrumen yang digunakan berupa angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini faktor penyebab miskonsepsi yang terbesar adalah faktor yang berasal dari siswa sebesar 41,4%. Siswa menjadi penyebab utama terjadinyaa miskonsepsi dikarenakan siswa kurang tertarik  dalam pembelajaran kimia. Faktor penyebab miskonsepsi kedua yaitu kesalahan konteks mengajar sebesar 25,7%. Penyebab berikutnya adalah buku teks sebesar 25,2%. Hal ini dibuktikan ternyata dalam buku teks terdapat  multitafsir yang membuat siswa tidak dapat memahami penjelasan suatu materi. Penyebab keempat adalah metode sebesar 21%. Faktor penyebab miskonsepsi terkecil yaitu guru sebesar 10,5%, Hal ini berarti guru sudah baik dalam menyampaikan materi serta hubungan relasi antara siswa dan guru yang cukup baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...