Kepemimpinan transaksional tidak tepat diterapkan di dunia Pendidikan yang lebih mengutamakan prestasi Pendidikan bukan atas dasar imbalan. Tujuan penelitian adalah untuk mengoptimalkan motivasi sebagai variable mediasi dan mengembangkan kinerja guru. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner pada guru sekolah dasar di kota Cilegon, dan data yang terkum[pul sebanyak 155 responden. Teknik analisis data dibantu alat statistic structural equation modelling (SEM) untuk mengotimalkan hubungan antar variable, dan pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung. Hasil penelitian antara lain: 1) ada pengaruh yang signifikan antara citra pemimpin terhadap kinerja guru. 2) ada pengaruh yang signifikan antara Citra pemimpin terhadap motivasi guru. 3) ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh inovasi terhadap kinerja guru. 4) tidak ada pengaruh antara inovasi terhadap motivasi guru. 5) tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi guru terhadap kinerja guru. 6) ada pengaruh mediasi motivasi antara citra pemimpin terhadap kinerja guru. 7) ada pengeruh mediasi motivasi antara inovasi dan kinerja guru. Simpulan, keberlanjutan kinerja guru dapat dikembangkan melalui peningkatan motivasi pada guru, terus berinovasi dan menjaga citra pemimpin sebagai pemimpin.
Copyrights © 2023