Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 3 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Analysis of The Use of Augmented Reality (AR) Learning Technology on Science Learning Outcomes in Elementary Schools

Anisa Kholifah (Universitas Sebelas Maret)
Ariana Diah (Universitas Sebelas Maret)
Deby Amira (Universitas Sebelas Maret)
Murwani Dewi Wijayanti (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan teknologi pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis digital seperti Augmented Reality (AR). Pemanfaatan teknologi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dapat membantu siswa memahami materi IPA yang sulit dijelaskan oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu menganalisis peran teknologi pembelajaran berupa ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Pendekatan dan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan literature review, yaitu mengambil berbagai teori dari penelitian yang telah dilakukan pada jurnal-jurnal sebelumnya dan menarik kesimpulan berdasarkan jurnal-jurnal tersebut. Peneliti mengambil 10 jurnal yang relevan dengan topik penelitian dan diambil dari Google Scholar. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan peneliti, terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang positif dan signifikan dalam menggunakan media Augmented Reality.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...