IQRA : Jurnal Magister Pendidikan Islam
Vol 2, No 01 (2022): IQRA : JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM

PERANAN METODE SIMULASI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-WASI BONTOA KABUPATEN MAROS

Mumtahanah Mumtahanah (Unknown)
Yulianti Yulianti (Unknown)
Muhammad Warif (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

 ABSTRAKDalam konteks pembelajaran, metode simulasi adalah suatu metode penyajian materi pelajaran yang dilakukan dengan cara merekayasa situasi lingkungan pembelajaran dan mendorong siswa untuk berperilaku menirukan peristiwa tertentu seperti halnya yang terjadi dalam dunia kehidupan nyata. Hal ini berkaitan dengan motivasi sebab motivasi merupakan daya dorong yang menjadikan siswa memiliki keinginan untuk belajar, sehingga siswa aktif dalam kegiatan belajar.  Penelitian ini termasuk dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif. Dengan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini yaitu : 1. Motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa dapat dilihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi diantaranya : Adanya kebutuhan, Adanya kemajuan pada diri siswa dan Adanya aspirasi atau cita-cita. 2 Pelaksanaan metode simulasi di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa dapat dilihat dari langkah-langkah dalam pelaksanaan simulasi, yang terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap penutup. 3. Peranan metode simulasi dalam memotivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa yaitu : Simulasi dapat dijadikan sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi situasi yang sebenarnya kelak; mengembangkan kreativitas siswa; memainkan peranan; memupuk keberanian dan percaya diri siswa; Pengetahuan, sikap, dan keterampilan; meningkatkan gairah siswa dalam proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

iqra

Publisher

Subject

Religion Education

Description

IQRA: Jurnal Pendidikan Islam ISSN 2580-5304 (Online/elektronik) merupakan platform akademis yang berkomitmen untuk menerbitkan artikel-artikel berkualitas tinggi yang terkait dengan institusi pendidikan Islam yang memiliki afiliasi tertentu. Jurnal ini berfokus pada berbagai aspek pendidikan Islam ...