IQRA : Jurnal Magister Pendidikan Islam
Vol 1, No 02 (2021): IQRA: JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM

MEMINIMALISIR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DI KELAS IV MI DARUL ISTIQAMAH KECAMATAN TURIKALE KABUPATEN MAROS

Mumtahanah Mumtahanah (Unknown)
Muhammad Warif (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar mengajar Pendidikan Agama Islam Khususnya mata pelajaran Fiqih di jumpai berbagai permasalahan yang menjadi kendala besar yang disebabkan adanya keanekaragaman kemampuan dan karakteristik gaya belajar sehingga tingkat penguasaan belajar berbeda antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Apakah dengan Layanan Bimbingan Belajar ini akan secara efektif meminimalisir kesulitan belajar yang dialami siswa di Kelas IV MI Darul Istiqomah? Tujuannya agar mengetahui bagaimana metode pembelajaran intensif dalam meminimalisir kesulitan belajar fiqih siswa kelas IV MI Darul IstiqomahJenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas adalah suatu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas. Pada penelitian tindakan kelas ini, peneliti sendirilah yang menjadi instrument. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan tes. Untuk teknik analisis secara kuantitatif digunakan statistik deskriptif, untuk mendeskripsikan tentang karakteristik subyek penelitian. Sedangkan untuk analisis data secara kualitatif digunakan teknik kategorisasi. Teknik kategorisasi yang dimaksudkan adalah skala lima, yang akan digunakan untuk menentukan hasil belajarnya.Hasil Penelitian Menunjukkan Terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dari Kategori Sedang Pada Siklus I Dan Siklus II Pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 58 menjadi 75,33 sehingga mengalami peningkatan sebesar 17, 33 atau 17,3 % dari skor ideal. Persentase kehadiran siswa pada siklus I 93,89 % sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 97,41 %. Layanan Bimbingan belajar dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, pemahaman, motivasi dan kesungguhan siswa untuk meminimalisir kesulitan belajar yang dialami siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

iqra

Publisher

Subject

Religion Education

Description

IQRA: Jurnal Pendidikan Islam ISSN 2580-5304 (Online/elektronik) merupakan platform akademis yang berkomitmen untuk menerbitkan artikel-artikel berkualitas tinggi yang terkait dengan institusi pendidikan Islam yang memiliki afiliasi tertentu. Jurnal ini berfokus pada berbagai aspek pendidikan Islam ...