Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3 No 1: Maret 2014

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MEMO DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW DAN MEDIA KOMIK BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Fitria Nur Rohemi (Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Subyantoro Subyantoro (Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Mukh. Doyin (Dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2014

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, peningkatan, dan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis memo dengan menggunakan model jigsaw dan media komik bermuatan pendidikan karakter? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu proses tindakan siklus I dan siklus II. Hasil tes siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,78 dan siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,35. Hasil tes tersebut mengalami peningkatan sebesar 10,57 atau 14,52%. Terjadi perubahan perilaku pada siswa dari aspek keaktifan, keantusiasan, percaya diri, dan tanggung jawab.Formulation of the problem in this research is how the process of learning, improvement, and behavioral changes after joining the learning skills of students wrote a memo to the jigsaw models and character building education through comics? This research is a classroom action research (PTK) and implemented in two cycles, namely the action cycle I and cycle II. First cycle test results obtained by the average value of 72.78 and a second cycle of the average values ​​obtained 83.35. The test results are an increase of 10.57 or 14.52%. Behavioral changes in students from the aspect of activity, sight of people exiting, confidence, and responsibility.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and ...