INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 2 (2023): JUNI 2023

Model Kepemimpinan Partisipatif dalam Pengelolaan Pondok Pesantren

Moh. Soleh (UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten)
Anis Zohriah (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Machdum Bachtiar (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Anis Fauzi (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melakukan analisis literatur mengenai model kepemimpinan partisipatif dalam pengelolaan pondok pesantren. Yaitu untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang model kepemimpinan partisipatif dalam pengelolaan pondok pesantren, serta memberikan saran dan implikasi praktis bagi pengurus pondok pesantren dalam mengimplementasikan model kepemimpinan partisipatif yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode analisis literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur terkait kepemimpinan partisipatif, manajemen pondok pesantren, dan hubungan antara keduanya. Sumber-sumber literatur yang digunakan dalam penelitian ini antara lain adalah jurnal ilmiah, buku, dan dokumen resmi yang terkait dengan topik penelitian. Temuan dari analisis literatur menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif dapat memberikan manfaat bagi manajemen pondok pesantren, seperti meningkatkan partisipasi dan keterlibatan santri dalam pengambilan keputusan, serta meningkatkan kepuasan dan motivasi santri. Namun, terdapat juga beberapa tantangan dan kendala dalam menerapkan model kepemimpinan partisipatif dalam pengelolaan pondok pesantren, seperti perbedaan pandangan antara pengurus dan santri, serta keterbatasan sumber daya dan waktu. Dalam rangka mengatasi tantangan ini, artikel ini memberikan saran dan implikasi praktis bagi pengurus pondok pesantren dalam mengimplementasikan model kepemimpinan partisipatif yang efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...