Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan berbahasa dalam teks pidato yang dilakuakan oleh siswa kela 9 SMP Plus Bustanul Ulum pada saat pembelajaran bahasa Indonesia. Sumber dari penelitian ini yaitu teks pidato yang dibuat oleh siswa kelas 9 SMP Plus Bustanul Ulum pada saat pembelajaran bahasa indonesia dalam materi teks pidato. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, simak, catat. Hasil penelitian yang telah kami lakuakan terhadap teks pidato yang telah dibuat oleh siswa kelas 9 SMP Plus Bustanul Ulum adalah, (1) penggunaan kalimat penjelas yang tidak tepat, (2) dalam kategori frasa terdapat beberapa kesalahan berbahas seperti penggunaan preposisi yang tidak tepat, pengaruh bahas daerah, dan pemborosan kata, (3) pemilihan diksi yang tidak tepat, (4) penggunaan kalimat tidak efektif, (5) ambiguitas, (6) penggunaan kata dan kalimat tidak baku (7) penggunaan huruf kapital yang tidak tepat dan kurangnya pemahaman dalam pengimplementasian kaidah penulisan yang sesuai dengan EYD.
Copyrights © 2023