INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 4 (2023): DESEMBER 2023

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON DAN MEDIA KONVENSIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 AMPEK ANGKEK

Amertya Azahra (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Martin Kustati (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Gusmirawati (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pembelajaran dengan media video animasi powtoon dan pembelajaran menggunakan media konvensional terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Angkek tahun ajar 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII-6 dan kelas kontrol adalah VIII-4. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen yang menerapkan media pembelajaran video animasi powtoon berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang menerapkan media konvensional berada di klasifikasi sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh menggunakan SPSS 23 for windows diperoleh rata-rata kelas kontrol 79,57 dan kelas eksperimen 87,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar menggunakan media video animasi powtoon dan media konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...