INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 1 No. 4 (2023): DESEMBER 2023

A PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BY MEDIA STORYBOARD TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs AL-FURQAN PADANG

Ike Wahyuni (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Martin Kustati (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Gusmirawati (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Syafruddin Nurdin (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Gusmaneli (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang kurang antusias dan cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning by media Storyboard terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning by media Storyboard terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang. Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah eskperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan SPSS versi 21diperoleh signifikan α dalam 2 sisi (2-tailed) =0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa (0,000<0,05). Dengan demikian, H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model problem Based Learning by media Storyboard dan model konvensional ditolak dan Hα diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning by media Storyboard dan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Al-Furqan Padang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...