Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika pada siswa kelas VII Mts Ma’arif An Nur di masa New Normal. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa kelas VII Mts Ma’arif An Nur di masa New Normal. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kesulitan belajar dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 21 siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar matematika siswa kelas Mts Ma’arif An Nur sebagai berikut: persentase factor penyebab kesulitan matematika pada minat siswa sebesar 52,4% dikategorikan sangat rendah, persentase factor motivasi siswa sebesar 61,42% dikategorikan sangat rendah, persentase factor percaya diri sebesar 61,3% dikategorikan sangat rendah, persentase factor keluarga sebesar 47,62% dikategorikan sangat rendah dan persentase factor sekolah sebesar 44,05% dengan kategori sangat rendah.
Copyrights © 2023