Pendampingan ini bertujuan untuk membantu peserta didik dalam menghafal ayat Al-Qur’an dalam program ekstrakurikuler Tahfidz terutama juz 30. Pendampingan ini dilatarbelakangi karena masih banyak kekurangan peserta didik terutama kelas XI dalam melafalkan ayat Al-Qur’an yang tidak sesuai dengan kaidah tajwid yang benar sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam menghafal ayat. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah Metode Talaqqi. Metode Talaqqi merupakan metode yang tepat dari sekian banyak metode menghafal Al-Qur’an. Metode ini dilaksanakan dengan pendidik memulai membaca sepotong ayat kemudian dilanjutkan dengan peserta didik mengulang kembali bacaan yang dibaca oleh pendidik terlebih dahulu. Metode pelaksanaan ini yaitu dengan metodelogi PAR (Participary Action Research ) merupakan pendekatan yang prosesnya bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat, serta produksi ilmu pengetahuan. Hasil dari pendampingan dengan menggunakan Metode Talaqqi ini adalah bahwa peserta didik dalam melafalkan ayat Al-Qur’an sudah memenuhi bacaan kaidah tajwid yang benar. Dari segi hafalan peserta didik mudah menghafalkan ayat Al-Qur’an.
Copyrights © 2023