Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 1, No 11 (2023): Desember

Implementasi Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Pancasila

Haniyya Nurunnada (Universitas Negeri Semarang)
Aliffia Kusuma Rati (Universitas Negeri Semarang)
Safitri Nur Inwanti (Universitas Negeri Semarang)
Aisyah A (Universitas Negeri Semarang)
Hafidz Faturrohman (Universitas Negeri Semarang)
Tri Murtini (Universitas Negeri Semarang)
Evi Viadiastutik Kondang (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Hasil dari identifikasi masalah ditemukan bahwa peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran matematika yang kurang bervariasi dan menarik minat belajar. Hal ini mengakibatkan kurangnya aktivitas dan partisipasi peserta didik. Selain itu, terdapat stigma bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit untuk dipelajari dan dipahami peserta didik sehingga pembelajaran kurang maksimal. Kemudian, masih ada 33% peserta didik yang mengalami ketertinggalan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi model problem based learning pada pembelajaran matematika di kelas V SD Pancasila. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman (1984) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data. teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi dengan wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi sumber data yang sesuai dengan model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat berdampak positif setelah kegiatan praktik pembelajaran dilaksanakan, di antara dampak positif yang terjadi yaitu keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi, dan keterampilan kreativitas.

Copyrights © 2023