Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Vol. 4 (2023): Media Digitalisasi Sebagai Kebutuhan Primer Dalam Pembelajaran Kenormalan Baru

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Setiawati, Sulis (Unknown)
Faradisa, Irsya (Unknown)
Mudhofar, Mudhofar (Unknown)
Untu, Zainuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sampel penelitian siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Samarinda yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Berdasarkan hasil tes akhir siklus I didapat nilai rata-rata hasil belajar matematika yaitu 70 yang tergolong dalam kriteria kurang dengan presentase ketuntasan sebanyak 37%. Nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa di siklus II yaitu 79 yang tergolong dalam kriteria cukup dengan presentase ketuntasan sebanyak 87%. Pada siklus I, hasil observasi kegiatan siswa tergolong kurang dan pada siklus II tergolong amat baik. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

semnasppg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman Prosiding dengan e-ISSN 2829 - 3541 (media online) berisi kumpulan makalah hasil-hasil penelitian yang telah lolos seleksi oleh tim reviewer dalam Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru call for paper yang diselenggarakan secara rutin setiap ...