Judul penelitian ini adalah Pemanfaatan LKPD dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik dengan materi gangguan pada sistem pernapasan manusia dan upaya untuk mencegah pada kelas XI di SMAN 1 Bongan kutai barat. Penelitian ini bertujuan untuk Pemanfaatan LKPD dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik dengan materi gangguan pada sistem pernapasan manusia dan upaya untuk mencegah strategi model pembelajaran adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) dan Kooperati. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Bongan yang berjumlah 15 orang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap tahapan siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes tertulis. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 dengan nilai rata-rata 75,8 dan ketuntasan belajar 86,7% terjadi peningkatan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 96,2 dan ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2 dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi model pembelajaran adaptasi Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif menggunakan E-LKPD b meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Bongan.
Copyrights © 2023