Latar Belakang: Edukasi memberikan dampak positif dalam menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan pengetahuan dan sikap pasien hipertensi. Diet DASH merupakan salah satu upaya pengendalian hipertensi. Penggunaan media pendidikan mempengaruhi hasil yang ingin diperoleh. Media audiovisual efektif meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku ke arah positif pada penderita hipertensi.Tujuan: Mengetahui pengaruh pendidikan gizi diet DASH dengan media audiovisual terhadap pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi pasien hipertensi.Metode: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Jumlah responden pada masing-masing kelompok berjumlah 11 orang. Waktu penelitian selama 4 minggu. Data yang dikumpulkan adalah pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi. Data pengetahuan dan sikap diperoleh dari bentuk pengetahuan dan sikap gizi. Sedangkan data perilaku gizi menggunakan bentuk FFQ Semi Kualitatif. Analisis statistik menggunakan uji Paired sample t-test dan Mann-Whitney Test.Hasil : Terdapat pengaruh pendidikan gizi diet DASH dengan media audiovisual terhadap pengetahuan gizi (p = 0,000). Terdapat pengaruh pendidikan gizi dengan media audiovisual terhadap sikap gizi (p=0,000). Tidak terdapat pengaruh pendidikan gizi diet DASH dengan media audiovisual terhadap perilaku gizi (p 0,05).Kesimpulan : Edukasi gizi pada diet DASH dengan media audiovisual meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi pada pasien hipertensi. Namun hal tersebut tidak dapat memperbaiki perilaku gizi pada pasien hipertensi.
Copyrights © 2023