Jurnal Penelitian, Pengembangan Pembelajaran dan Teknologi (JP3T)
Vol. 1 No. 2 (2023): Juni

PENGARUH PENGGUNAAN EXPLAINER VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X UPW

RIZKI ATHALA MERLINVA PUTRI (Unknown)
ZUL ANWAR (Unknown)
ARY PURMADI (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2023

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lingsar pada tanggal 20 November 2021, peneliti menemukan beberapa masalah yang dihadapi sekolah terkhusus pada pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu Guru masih mengunakan media cetak seperti buku paket, pengunaan TIK dalam pembelajaran belum maksimal, masih kurangnya guru dalam memanfaatan fasilitas yang telah tersedia di sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Explainer Video Tehadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X UPW di SMKN 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus chi square. Hasil analisis diperoleh nilai = 26,735 sedangkan nilai chi square dalam tabel dengan db= 4 dengan taraf signifikansi 5% = 9,488 dengan demikian bahwa nilai chi square analisis lebih besar daripada nilai chi square tabel (26,735> 9,488). Sungguh dapat disimpulan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp3t

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi ...