Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 3, No 2 (2022)

Pengenalan Sains Sederhana dengan Bermain Sambil Belajar untuk Melatih Kemampuan Berpikir pada Anak Usia Dini

Firman Ashadi (Universitas PGRI Argopuro Jember)
I Made Hartawan (STAHN Mpu Kuturan Singaraja)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pengenalan Sains Sederhana DenganBermain Sambil Belajar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Siswa TK Tunas MuliaKecamatan Glenmore Tahun Pelajaran 2021/2022 dan Untuk mendapatkan modelPengenalan Sains Sederhana Dengan Bermain Sambil Belajar Untuk MelatihKemampuan Berpikir Siswa TK Tunas Mulia Kecamatan Glenmore Tahun Pelajaran2021/2022. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pengenalansains sederhana pada materi pengukuran dengan bermain sambil belajar dapat melatihkemampuan berpikir siswa Tk Tunas Mulia. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnyahasil tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Berdasarkan uji signifikansi,diketahui bahwa hasil tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif meningkat secarasignifikan dari siklus I ke siklus II. Model pembelajaran pengenalan sains sederhanadengan metode bermain melalui pendekatan bermain sambil belajar atau belajar serayabermain, lebih tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif yang berupakemampuan berpikir kritis dan kreatif, hasil belajar afektif dan hasil belajarpsikomotorik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorikyang telah memenuhi indikator keberhasilan pembelajaran dan mengalami peningkatansecara signifikan dari siklus I ke siklus II

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Focus and Scope of Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is research, study and analysis related to early childhood include; development of moral and religious values, physical motor development, emotional social development, cognitive development, language development, artistic and ...