JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 4 No. 2 (2021): Juli

Regulasi Emosi Guru PAUD Selama Proses Mengajar Saat Pandemi Covid-19

Rizqi Syafrina (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)
Rosti Rudi (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana regulasi emosi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) selama belajar dari rumah saat pandemi covid 19. Selama proses adaptasi belajar dari rumah dengan pembelajaran yang dilakukan secara online, salah satu yang menjadi perhatian adalah regulasi emosi guru. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pada empat orang guru PAUD, guru mengalami hambatan yang membuat guru harus mengelola amarahnya agar tetap dapat mengajar dengan baik karena pembelajaran online ini dirasa cukup berat dibandingkan dengan mengajar anak usia dini secara langsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ada tujuh orang dengan rentang usia 25 tahun sampai 40 tahun dengan minimal pendidikan strata satu dan dengan masa kerja minimal lima tahun. Analisis data penelitian kualitatif ini adalah dengan mengumpulkan data dan dilakukan reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan regulasi emosi yang dimiliki tergambar dengan baik dimana guru-guru PAUD memiliki kemampuan dalam mengatasi setiap permasalahan yang muncul saat mengajar secara online.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...