Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan serta kualitas kelayakan media ular tangga edukatif dalam menanamkan nilai nasionalisme pada anak dengan rentang usia 5 hingga 6 tahun. Penelitian ini berjenis penelitian R and D (Research and Development) atau Penelitian dan Pengembangan dengan penggunaan data kualitatif serta kualitatif. Prosedur yang digunakan berupa tahapan penelitian dan pengembangan sebagaimana yang dijabarkan oleh Sugiyono dan disederhanakan menjadi enam tahapan berikut, yakni 1) Pengkajian Masalah dan Potensi, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) memvalidasi produk, 5) revisi produk dan 6) uji pemakaian produk. Masalah yang ditemukan melalui wawancara dengan guru kelas kelompok B (5-6 tahun) adalah kesulitan dalam menanamkan nilai nasionalisme. Langkah berikutnya peneliti mengoleksi data yang bersumber dari kegiatan wawancara agar dapat dilakukan analisis kebutuhan. Hasil analisis tersebut kemudian dipergunakan sebagai acuan dalam menentukan desain produk. Setelah produk selesai dibuat, setelah itu produk divalidasi oleh validator yang merupakan ahli media pembelajaran serta ahli materi guna mengukur kelayakan atau kualitasnya. Dari proses validasi tersebut diperolehlah skor rata-rata 4,916 dimana skor tersebut tervalidasi dengan penilaian “sangat baik” sehingga dapat dinyatakan dapat digunakan tanpa memerlukan revisi. Media ular tangga edukatif ditambahkan materi lagu daerah sesuai rekomendasi yang disampaikan oleh ahli media. Pasca penyempurnaan produk, tahapan selanjutnya yaitu mengujicobakan pemakaiannya. Tahap ujicoba produk difokuskan pada anak dengan rentang kelompok usia 5 hingga 6 tahun di TK Muslimat NU 53 Tanjungrejo. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa anak-anak tertarik pada media ular tangga edukatif ini serta materi nasionalisme yang ada di dalamnya. Anak-anak menjadi lebih mudah memahami materi nasionalisme. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media ular tangga edukatif ini dapat memudahkan guru dalam menanamkan nilai nasionalisme pada anak usia 5-6 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022