Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN CALON PRESIDEN 2024 DIMASA MENUJU KAMPANYE DALAM PEMILU 2024 PADA MEDIA JAWAPOS.COM DAN KOMPAS.COM PERIODE BULAN OKTOBER

Salzafira Al Madinah M. F (Unknown)
Qoni’ah Nur Wijayanti, S.Ikom., M.Ikom (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Studi ini menganalisis bagaimana media online, khususnya Jawapos.com dan Kompas.com, membingkai berita terkait pemilihan Presiden tahun 2024 di Indonesia. Penelitian menggunakan analisis framing model Robert N. Entman untuk mengidentifikasi empat elemen framing: definisi masalah, diagnosis penyebab, penilaian moral, dan rekomendasi penyelesaian. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua media tersebut menyoroti pernyataan pemimpin atau kandidat, memberikan penilaian moral positif pada beberapa aspek, dan mengidentifikasi isu-isu yang perlu diatasi. Namun, tidak semua berita memberikan informasi tentang penyebab masalah atau rekomendasi penyelesaian. Studi ini menyoroti peran penting media online dalam membentuk persepsi masyarakat terhadap isu-isu politik dan calon presiden.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...