Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 1 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Januari

STRATEGI KOMUNIKASI PASANGAN YANG USIANYA SELISIH 10 TAHUN DALAM MENJAGA KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DI DESA PALUR

Laras Kuntiyasari (Unknown)
Qoni’ah Nur Wijayanti, S.Ikom., M.Ikom (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Dasar dari semua hubungan manusia baik itu hubungan pribadi maupun sosial adalah komunikasi. Komunikasi efektif ini diperlukan dalam melakukan komunikasi apapun, salah satunya komunikasi dalam rumah tangga. Strategi komunikasi dalam rumah tangga bisa berubah seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbaiki dan menyesuaikan perubahan dalam hubungan dan kebutuhan pasangan. Strategi komunikasi yang baik dan efektif merupakan salah satu cara untuk membangun sebuah hubungan yang harmonis dan berkelanjutan. Menjaga keharmonisan rumah tangga merupakan sesuatu hal yang tidak mudah dilakukan. Apalagi dengan pasangan yang memiliki selisih umur 10 tahun. Pasangan yang memiliki usia selisih 10 tahun sering berasal dari generasi yang berbeda. Berdasarkan realita diperlukan strategi komunikasi untuk kehidupan rumah tangga yang usianya selisih 10 tahun agar mencapai keharmonisan. Hasil penelitian ini mereka menerapkan strategi komunikasi yaitu saling menerima perbedaan, jujur dan saling terbuka, mendorong kesetaraan gender, empati dan pengertian, keterlibatan dalam aktivitas bersama, memberikan dukungan emosional dan komitmen unrtuk tumbuh bersama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...