Komunikasi memiliki peran kunci dalam mengatur perilaku anggota dalam sebuah organisasi. Dalam konteks hierarki dan aturan formal, beberapa karyawan bisa mempengaruhi rekan-rekan mereka secara informal dengan giatnya bekerja, mengendalikan perilaku mereka. Selain itu, komunikasi juga berfungsi untuk memberikan panduan kepada anggota, mengenai apa yang diharapkan dari mereka, cara meningkatkan kinerja, dan mencapai standar organisasi. Manusia secara alami bergantung pada interaksi sosial dalam kehidupannya, dan hal ini membentuk sebagian besar aspek kepribadian mereka melalui integrasi dalam kelompok dan masyarakat. Kepemimpinan dalam kelompok atau organisasi penting untuk kelangsungan hidupnya, dan komunikasi yang baik menjadi kunci untuk memastikan kinerja organisasi yang efisien. Tanpa komunikasi yang efektif, tujuan organisasi sulit tercapai, sehingga keberlangsungan organisasi sangat bergantung pada komunikasi yang baik. Oleh karena itu, studi komunikasi organisasi menjadi penting, karena komunikasi adalah alat yang esensial untuk menyampaikan dan menerima informasi dan pesan di dalam konteks organisasi.
Copyrights © 2024