Oxygenius Journal Of Chemistry Education
Vol 5 No 2 (2023): Oxygenius : Journal Of Chemistry Education

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Koloid Di Sma Negeri 1 Motoling Timur

Misye Gamastri Sumampow (Unknown)
Sofia Krisen (Unknown)
Joice Caroles (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Pelajaran berbasis proyek (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai alat pembelajaran untuk memperoleh sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan project learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Motoling Timur pada tahun ajaran 2021/2022. Metode pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, homogenitas, hipotesis. Hasil penelitian uji normalitas menunjukkan bahwa Lo kelas eksperimen 0.14 dan kelas kontrol 0.15 dengan Ltabel 0.180 sehingga Lo<Ltabel, uji homogenitas yaitu fhitung lebih kecil dari ftabel yaitu 1.01<2.03 pada taraf α=0,05, menunjukkan kedua kelas sampel memiliki varians yang homogen. Uji hipotesis didapat harga thitung=3.44 sedangkan ttabel=2.01 pada taraf nyata α=0,05, menunjukkan bahwa thitung (3.44)>ttabel (2.01). Berdasarkan hasil uji-t diatas maka hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Pembelajaran Project based learning efektif untuk mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

oxygenius

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Oxygenius Journal Of Chemistry Education is an Indonesian Journal of Chemistry Education presented by the Educational Chemistry Department, Universitas Negeri Manado. The Articles journal published in Oxygenius Journal Of Chemistry Education is free of plagiarism and has never been published by ...