JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 2 No. 3 (2018): December 2018

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Mayasari, Mayasari (Unknown)
Ratnapuri, Siska (Unknown)
Nursafitri, Nursafitri (Unknown)
Handayani, Novia (Unknown)
Hidayat, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menelaah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dari yang kemampuannya tinggi ke rendah berdasarkan indikator yang muncul dari siswa. Analisis kemampuan berpikir kreatif ini diperoleh dari tes insrument kemampuan berpikir kreatif siswa yang diberikan kepasa Siswa Menengah Pertama yang berdasarkan indikator (1) berpikir dengan lancar (2) berpikir secara luwes (3) berpikir secara orisinil (4) berpikir secara elaboratif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskritif. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII siswa SMP Negeri 45 Bandung. Pengolahan data dari hasi penelitian menggunakan uji Mann Whitney. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan siswa terhadp menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kreatif pada indikator yang telah ditentukan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...