JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019

PENGARUH PUISI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 3 PEKANBARU

Dini, Suci Rahma (Unknown)
Kurnia, Rita (Unknown)
Solfiah, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini didasari oleh pengamatan peneliti di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru, pengamatan ini terhadap kemampuan literasi pada anak belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penelitian menggunakan media puisi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh puisi terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina 3 Pekanbaru dari bulan Desember 2019 untuk observasi dan penelitian. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan litrasi anak. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan I.BM SPSS statistik ver 23. Dari hasil analisis data diperoleh thitung 12,820 lebih besar dari pada ttabel = 2,144 dengan sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan literasi pada anak yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan puisi. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh puisi terhadap kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 3 39,00%.Puisi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...