JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Tipe Script pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar

S, Fella Anggelia Risti (Unknown)
S, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik di sekolah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Script pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN 01 Solok Bio-Bio dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil pengamatan RPP siklus I yaitu 85,22% dan siklus II 95,45%. Hasil pengamatan aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,32% dan siklus II 94,44%. Hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 81,94% dan siklus II 94,44%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu rata-rata nilai 74,54 dengan persentase ketuntasan 49,99% dan meningkat pada siklus II yaitu rata-rata nilai 85,80 dengan persentase ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Script dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...