Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Video Animasi Hamid Kid’s Terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bima Al-Kirana Sekayu

Miranti, Windi (Unknown)
Febriyanti, Febriyanti (Unknown)
Dewi, Kurnia (Unknown)
Murtopo, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bima Al-Kirana Sekayu”. Adapun yang menjadi permasalahan di dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal bilangan angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh video animasi terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun di TK Bima Al-Kirana Sekayu. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental dengan desain One Group Pre Test - Post Test. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil hipotesis di dapatkan setelah dilakukan test awal (pretest) dan test akhir (posttest), selanjutnya peneliti menganalisis hasil penelitian. Hasil analisis data dalam pembuktian uji hipotesis diperoleh thitung = sedangkan untuk menentukan ttabel dengan taraf signifikansi 5% didapat ttabel 2,145. Sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan video animasi terhadap kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun di TK Bima Al-Kirana Sekayu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...