Mata pelajaran kimia yang bersifat abstrak membutuhkan dukungan media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik memvisualisasikan pemahamannya dengan lebih menarik. Penelitian ini merupakan penelitian SLR (Systematic Literature Riview) media yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan media komik yang dikembangkan sebagai media pembelajaran kimia. Media pembelajaran komik ini dapat menjadi alternatif solusi ini menunjukkan bahwa penggunaan media komik digital dan cetak yang banyak di desain adalah untu kimia kelas X terutama materi ikatan kimia dengan kuantitas penelitian sebanyak 10%. Disamping itu ada materi lain seperti Reaksi Reduksi dan Oksidasi 8%, larutan elektrolit dan non elektrolit 5% dan lain-lain. Seluruh media komik yang dikembangkan ternyata mempunyai pengaruh positif pada pembelajaran kimia dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Adapun topik materi kimia yang sulit untuk dibuat komik adalah materi yang bersifat hitungan dan yang paling sering bersifat abstrak.
Copyrights © 2023