Al-Irsyad Journal of Physics Education
Vol 3 No 1 (2024): Januari 2024

PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI FLUIDA

Achmad Yachod (Universitas PGRI Semarang)
Wawan Kurniawan (Universitas PGRI Semarang)
Ernawati Saptaningrum (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui validitas e-modul berbasis etnosains pada materi fisika fluida untuk kelas XI MIPA SMA/MA Semester gasal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan RnD dengan model Sugiyono yang terdiri dari tahapan potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan jumlah 22 siswa, 2 guru fisika di Ma An Nihdam Demak sebagai validator praktisi, dan 2 dosen Universitas PGRI Semarang sebagai validator ahli ahli bahan ajar. Hasil validasi ahli materi diperoleh presentase sebesar 79,4%, validasi ahli media diperoleh presentase sebesar 92,3%, hasil validasi praktisi diperoleh rata- rata presentase  94%   dan  respon  siswa diperoleh presentase sebesar 87,7%.  Hasil  penelitian menunjukan bahwa e-modul sudah memenuhi kriteria kualitas yang ditentukan, sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran fisik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wjpe

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Al-Irsyad Journal of Physics Education (IJPE), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan Fisika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, ...