Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi guru berperan dalam memaksimalkan potensi kelas; faktor menghambat manajemen kelas; usaha guru di mengatasi masalah manajemen kelas; Dan strategi pengelolaan kelas. Studi kasus ini adalah dilaksanakan di SDN 197/II Pulau Pekan, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Itu data dikumpulkan dari teknis dan sumber triangulasi. Hasilnya menunjukkan bahwa di kelas manajemen, guru berfungsi sebagai konselor, motivator, fasilitator, demonstrator, dan evaluator. Oleh karena itu, guru mampu menganalisis isu-isu seputar siswa, guru, serta lingkungan fisik dan sosio-emosional di kelas. Mengenai hal ini, guru berupaya menerapkan preventif dan korektif bertindak dengan melibatkan sekolah dan komite. Guru cenderung menerapkan pendekatan eklektik atau pluralistik dalam dimana dua atau lebih pendekatan diterapkan pada saat yang sama waktu. Dengan demikian, diharapkan eklektik pendekatan membantu guru meningkatkan kapasitas mereka dalam memilih pendekatan yang memungkinkan mereka untuk mengatasinya masalah yang berkaitan dengan pengelolaan kelas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023