Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan
Vol. 1 No. 2 (2023)

Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Bermain Balok pada Anak Usia 5-6 Tahun

Yuningsih, Nining (Unknown)
Daulay, Musnar Indra (Unknown)
Nurmalina , Nurmalina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan dalam setiap siklus terdiri dari dua  kali pertemuan. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan lembar observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B usia 5-6 tahun TK Al-Anshor yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dapat diketahui dari pengamatan perkembangan pada setiap siklus yang ditandai dengan persentase indikator pencapaian yang meningkat, yaitu kondisi Pra Siklus kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) persentase sebesar 14%. Hasil tindakan penelitian siklus I kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 20% dengan peningkatan persentase sebesar 16%. Hasil penelitian siklus II kategori pencapaian BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sebesar 50% dengan peningkatan persentase sebesar 30%, dengan kegiatan bermain balok disetiap pertemuan menjadikan anak lebih berkembang dalam kerja sama, berbagi dan tolong menolongnya.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan ISSN : 3025-6461 (media online) mempublikasikaan artikel ilmiah dari hasil penelitian dengan metode Penelitian Tindakan Kelas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah ...