Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan
Vol. 1 No. 2 (2023)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik dengan Metode Pemberian Tugas

Listianingsih, Listianingsih (Unknown)
Amalia, Rizki (Unknown)
Joni, Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Bakti. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti berupa kegiatan membatik dengan metode pemberian tugas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, pada masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motorik halus dalam setiap indikatornya, indikator 1 melakukan eksplorasi dengan berbagai media dalam kegiatan nilai BB 0 anak atau 0% nilai MB 06 atau 0% nilai BSH 2 anak atau 18,18% sementara nilai BSB 9 anak atau 81,81% Adapun indikator 2 menggunakan alat tulis dengan benar nilai BB 0 anak atau 0% nilai MB 06 atau 0% nilai BSH 3 anak atau 27,27% dan nilai BSB 8 anak atau 72,72% indikator 3 meniru bentuk nilai BB 0 anak atau 0% nilai MB 1 anak atau 9,9% nilai BSH 1 anak atau 9,9% dan nilai BSB 9 anak atau 81,81%d dengan tersebut menunjukkan bahwa kemampuan membatik anak sudah meningkat pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan ISSN : 3025-6461 (media online) mempublikasikaan artikel ilmiah dari hasil penelitian dengan metode Penelitian Tindakan Kelas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah ...