Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan
Vol. 1 No. 2 (2023)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka

Kesumawati, Sri Wahyuni (Unknown)
Amalia, Rizki (Unknown)
Alim, Melvi Lesmana (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak kelompok B2 di TK Al-Hidayah dalam mengenal angka 1-10. Sebagian anak belum mampu mengenal angka 1-10. Salah satu penyebabnya adalah media yang digunakan kurang diminati anak. Salah satu solusi yang ditawarkan peneliti adalah peneliti mencoba menggunakan media kartu angka dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh nilai BSH pada pra-tindakan terdapat 2 anak atau 15,38% pada siklus I menjadi 5 anak atau 38,46% dan di siklus II menjadi 2 anak atau 15,38%, nilai BSB pada pra-tindakan terdapat 2 anak atau 15,38% pada siklus I menjadi 4 anak atau 30,76% dan di siklus II menjadi 10 anak atau 76,92%. Hasil ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Refleksi : Jurnal Penelitian Tindakan ISSN : 3025-6461 (media online) mempublikasikaan artikel ilmiah dari hasil penelitian dengan metode Penelitian Tindakan Kelas pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah ...