MUALLIMUN : JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
Vol 2, No 2 (2022): MUALLIMUN

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas IV Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan

Putri, Meissy Yolanda (Unknown)
Astuti, Mardiah (Unknown)
Sofyan, Fuaddilah Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menghasilkan bahan ajar modul yang valid, praktis dan efektif dengan model pengembangan yang mengikuti alur desain formatif evaluation (Tessmer). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pengembangan atau Research and Develoment yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk. Uji coba terbatas pada penelitian ini dilaksanakan pada 21 siswa kelas IVB SD N 3 Lembak. Teknik pengumpulan data uji validasi pada beberapa ahli dan angket respon siswa. hasil penelitian menunjukan Rekapiitulasi Validator (1) Ahli desain 88 % dengan kategori sangat valid (2) Ahli Bahasa 98 % dengan kategori sangat valid (3) Ahli materi 82 % dengan kategori sangat valid dan Rekapitulasi Kepraktisan (1) One to One 94 % dengan kategori sangat Praktis (2) Small Group 95 % dengan kategori sangat Praktis. Rekapitulasi Keefektifan 80 % dengan kategori sangat Efektif.Kata Kunci : Bahan ajar, Tematik, Kerifan Lokal

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

muallimun

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan is a scientific journal of Islamic education managed and published by Tarbiyah Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palangka Raya. This journal publishes research articles about Islamic education and education in general. It covers articles ...