Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah karakteristik pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD, (2) bagaimanakah kelayakan pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD. Penelitian ini adalah penelitian RnD yang menggunakan model 4D dengan mendapat penilaian skor presentase dari ahli media 93,65%, ahli materi 92,7%, ahli bahasa 92,7% dan guru kelas V MI/SD 100%. Semua hasil dari para ahli dan guru kelas masuk ke dalam kategori sangat layak digunakan. Sedangakan respon peserta didik mengenai media pembelajaran menunjukkan presentase skor 100% dengan kategori Positif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran IPS di sekolah.
Copyrights © 2023