MUALLIMUN : JURNAL KAJIAN PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
Vol 3, No 1 (2023): MUALLIMUN

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS KARTU KODE QR MATERI USAHA EKONOMI YANG DIKELOLA OLEH KELOMPOK UNTUK KELAS V MI/SD

Asnafiyah, Asnafiyah (Unknown)
Aen, Khurotul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah karakteristik pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD, (2) bagaimanakah kelayakan pengembangan media pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD. Penelitian ini adalah penelitian RnD yang menggunakan model 4D dengan mendapat penilaian skor presentase dari ahli media 93,65%, ahli materi 92,7%, ahli bahasa 92,7% dan guru kelas V MI/SD 100%. Semua hasil dari para ahli dan guru kelas masuk ke dalam kategori sangat layak digunakan. Sedangakan respon peserta didik mengenai media pembelajaran menunjukkan presentase skor 100% dengan kategori Positif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Media Pembelajaran IPS Kartu Kode QR materi Usaha Ekonomi Yang Dikelola Oleh Kelompok untuk Kelas V MI/SD yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran IPS di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

muallimun

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kajian Pendidikan dan Keguruan is a scientific journal of Islamic education managed and published by Tarbiyah Department, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, IAIN Palangka Raya. This journal publishes research articles about Islamic education and education in general. It covers articles ...