Ghaitsa: Islamic Education Journal
Vol. 3 No. 2 (2022): Juni

Pengaruh Penggunaan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 09 Jambat Akar Kecamatan Semidang Alas Maras Seluma

Erliana (Unknown)
Friantary, Heny (Unknown)
Satrisno, Hengki (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode student team achievement division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 09 Jambat Akar Kecamatan Semidang Alas Maras Seluma. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang siswa Kelas XI MIPA SMAN 09. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket/kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas data angket dalam penelitian ini, penulis menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji normalitas datanya menggunakan rumus Spearman Brown (split half). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji komparatif rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan metode student team achievement division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 09. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yaitu hasil rxy sebesar 0,519. Kemudian dilanjutkan dengan melihar rtabel nilai koefisien “r” product moment dari 40 adalah 0,312. Angka tersebut menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,519 ≥ 0,312 yang artinya hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode student team achievement division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Negeri 09 Jambat Akar Kecamatan Semidang Alas Maras Seluma.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ghaitsa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ghaitsa: Islamic Education Journal is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Ghaitsa Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the ...